Sekilas Sejarah

Pada Tahun Pelajaran 1987 sekolah yang dinamai SMP Negeri Baru Jagakarsa ini menerima siswa untuk pertama kali sebanyak 9 kelas yang dipimpin oleh Bapak H. Muhamad Ali, BA sebagai Kepala Sekolah pertama. Guru yang mengajar di sekolah ini masih sangat sedikit. Akibatnya, guru harus bisa mengajar lebih dari satu mata pelajaran.

Adapun guru yang mengawali sejarah sekolah ini antara lain; Hj. Relia T. Handayani (Purnabakti Januari 2009), Khoirudin, Riman Sudin (Purnabakti Tahun 2004), Fiolenta Lumban Gaol, Hj. Nina Ratna Nawangsih, S.Pd, Dra. Stephanes Sri Wuryanti, Sri Suharmi, S.Pd, Rassono P, BA (Almarhum), Bistok Tampubolon (Purnabakti tahun 2004), Ramlan Tamba, S.Si, Bambang Suwarso, BA (diangkat menjadi Kepala Sekolah pada tahun 1997), Adhi Sutanto, Zuhrianah, S.Pd.

Mereka adalah guru-guru perintis yang berdedikasi tinggi walaupun dengan sarana dan prasarana yang belum memadai, mau bekerja keras menancapkan tonggak keberadaan dan berusaha mengenalkan SMP Negeri Baru Jagakarsa ini pada masyarakat sekitar. Seiring perjalanan waktu sekolah ini semakin kian tumbuh dan berkembang serta menunjukkan prestasi. Pada awal tahun 1989, sekolah ini mendapat nomor dari pemerintah dan berganti nama menjadi SMP Negeri 254 Jakarta.